Senin, 21 Februari 2011

kisah para nabi dan rasul dalam alqur'an


Al Quran adalah kitab suci yang merupakan pedoman seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali kisah-kisah teladan yang ada di dalam Al Quran yang bisa dijadikan pelajaran. Salah satunya adalah kisah para nabi dan rasul. Nabi dan rasul adalah manusia pilihan Allah yang diberikan wahyu baik untuk dirinya sendiri maupun untuk disampaikan kepada umatnya. Dalam Al Quran sendiri terdapat 25 nabi dan rasul yang wajib kita ketahui:

Di antara kisah para nabi dan rasul yang ada di dalam Al Quran adalah:

Kisah Nabi Adam

Nabi Adam adalah nabi pertama dan manusia pertama yang diciptakan Allah. Karena menuruti bujukan setan, Adam yang semula berada di surga kemudian diturunkan ke bumi bersama dengan Hawa, pasangan hidupnya. Adam dan Hawa terpisah beberapa lama, kemudian bertemu kembali dan akhirnya melahirkan putra dan putri, yang kemudian tersebar hingga ke seluruh belahan bumi.

Kisah Nabi Idris

Kisah para nabi dan rasul selanjutnya adalah Nabi Idris. Nabi Idris merupakan seorang penjahit yang selalu berzikir kepada Allah. Karena kepatuhannya itu, semua malaikat menghormati Nabi Idris. Dengan kekuasaan Allah, Nabi Idris bisa melihat neraka dan surga dan akhirnya tinggal di surga.

Kisah Nabi Nuh

Kisah para nabi dan rasul selanjutnya adalah kisah Nabi Nuh. Dikisahkan bahwa Nabi Nuh diperintahkan Allah untuk membuat sebuah kapal yang besar. Orang-orang yang tidak beriman kepada Allah, menertawakan perbuatan Nabi Nuh tersebut.

Nabi Nuh dan orang-orang beriman kemudian menaiki perahu bersama dengan beberapa pasang hewan. Kan’an putra Nabi Nuh yang kafir tidak mau naik ke atas perahu Nabi Nuh walaupun air bah datang dan menenggelamkan seluruh umat di luar kapal Nabi Nuh. Air bah tersebut merupakan hukuman dari Allah kepada orang-orang yang ingkar.

Kisah Nabi Hud

Nabi Hud adalah seorang nabi yang diutus untuk kaum Aad. Nabi Hud berusaha mengingatkan kaumnya agar tidak menyembah berhala. Tetapi kaum Aad malah menertawakan Nabi Hud. Akhirnya Allah memberikan kekeringan dan kemudian angin topan selama delapan hari tujuh malam untuk menghukum kaum Aad.

Kisah Nabi Saleh

Nabi Saleh diberikan mukjizat oleh Allah berupa seekor unta yang muncul dari batu. Unta itu memberikan susu yang banyak kepada kaum Nabi Saleh. Tetapi unta itu akhirnya dibunuh oleh kaum Nabi Saleh hingga mendapatkan hukuman dari Allah.

Ibrahim AS dan Ismail AS

Ibrahim mendapat julukan “Bapak Para Nabi”. Ka’bah merupakan bangunan yang dibuat oleh Nabi Ibrahim. Banyak sekali kisah para nabi dan rasul dari Nabi Ibrahim. Satu yang terus diperingati hingga sekarang adalah keteguhan Nabi Ibrahim mengorbankan anaknya, yaitu Ismail yang masih kecil, sebagai hari raya Qurban.

Luth AS

Nabi Luth diutus untuk kaum Sodom yaitu orang yang suka berhubungan sesama jenis. Karena peringatan Nabi Luth tidak dihiraukan, Allah memberikan bencana berupa gempa bumi dan hujan batu yang menghancurleburkan kota Sodom.

Ishak AS dan Yakub AS

Ishak adalah putra nabi Ibrahim sedangkan Yakub adalah putra dari Ishak. Tidak banyak kisah para nabi dan rasul yang menyebutkan tentang mereka. Tetapi kelahiran mereka merupakan suatu kabar gembira dan malaikat pun ikut bergembira atas kelahiran keduanya.

Yusuf AS

Yusuf adalah seorang nabi yang sangat rupawan. Nabi Yusuf mampu menafsirkan mimpi atas izin Allah. Saat kecil Nabi Yusuf dibuang oleh saudaranya, tetapi Nabi Yusuf membalas hal tersebut dengan memberikan kebaikan kepada para saudaranya saat Nabi Yusuf dewasa.

Ayub AS

Dalam kisah para nabi dan rasul yang terdapat di dalam Al Quran. Nabi Ayun diberikan ujian oleh Allah berupa sakit yang tidak kunjung sembuh dan ditinggalkan oleh semua orang termasuk keluarga dan istrinya. Nabi Ayub tetap teguh memegang imannya kepada Allah.

Syu’aib AS

Nabi Syu’aib diutus kepada kaum Madyan yang gemar menyembah pohon. Ketika seruan Nabi Syu’aib untuk menyembah Allah tidak didengarkan, Allah menghukum kaum Madyan dengan satu suara yang mengguntur dan membinasakan semua orang kecuali Nabi Syu’aib dan orang yang beriman.

Musa AS dan Harun AS

Musa dan Harun adalah kakak beradik yang dua-duanya merupakan nabi. Musa dan Harun menyeru kepada umatnya dan mendapatkan penentangan dari Fir’aun. Dengan mukjizat yang dimilikinya akhirnya Musa berhasil mengalahkan Fir’aun.

Zulkifli AS

Tidak banyak ayat Al Quran yang mengisahkan tentang Zulkifli AS.

Daud AS

Adalah seorang nabi yang diberikan kitab zabur yang berisi pujian dan doa kepada Allah.

Sulaiman AS

Nabi Sulaiman adalah seorang nabi yang menjadi penguasa seluruh makhluk termasuk jin. Mukjizatnya bisa berbicara dengan binatang.

Ilyas AS

Ilyas AS merupakan nabi yang mengajarkan taurat dan terlibat pertentangan dengan para penyembah berhala.

Ilyasa AS

Ilyasa AS mempunyai mukjizat yang bisa menghidupkan orang mati.

Yunus AS

Nabi Yunus merupakan salah seorang nabi yang marah kepada kaumnya dan meninggalkan mereka. Nabi Yunus ditegur Allah saat dimakan ikan hiu hingga akhirnya Nabi Yunus sadar dan keluar dari perut hiu dalam keadaan sehat.

Zakaria AS

Nabi Zakaria adalah seorang nabi yang mempunyai anak ketika usianya sudah sangat tua dan istrinya dalam keadaan Mandul. Ini adalah mukjizat dari Allah.

Yahya AS

Yahya adalah putra Nabi Zakaria AS yang dibunuh oleh raja lalim karena bujukan wanita.

Isa AS

Isa AS adalah nabi yang padanya diturunkan kitab Injil dan diangkat ke langit oleh Allah dalam keadaan hidup.

Muhammad SAW

Nabi Muhammad adalah penutup para nabi dan merupakan nabi untuk seluruh alam semesta hingga akhir zaman.

0 komentar:

Posting Komentar

 

muhammad wahyudi salam (the cheater ninja saga) © 2008. Thanks to Blogger Templates | Design By: SkinCorner